Maju Bersama Pemuda

Tentang Kami

Kabupaten / Kota Layak Pemuda

Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Layak Pemuda adalah program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga yang dilaksanakan oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda secara teknis dilakukan oleh Asisten Deputi Standarisasi dan Infrastruktur Pemuda.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengeluarkan kebijakan dan program Kabupaten/Kota Layak Pemuda (KLP) yang secara ringkas dimaksudkan menyadarkan, memberdayakan dan mengembangkan potensi kaum muda dalam mendukung pembangunan daerah di bidang ekonomi, politik, sosial-budaya dan agama.

Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Pemuda disamping merupakan pengejawantahan dari Nawa Cita, namun juga bagian dari komitmen pemerintah, masyarakat dan dunia swasta dalam mewujudkan suatu kota yang memiliki sistim pembangunan yang berbasis layanan dan kepemudaan. Dengan kata lain, misi dari pengembangan KLP adalah untuk melembagakan dan menginternalisasi kebijakan dan program pembangunan yang mempertimbangkan atau berbasis kepentingan pemuda.

 

Tujuan Pengembangan KLP

Pengembangan KLP bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemuda dalam pembangunan di daerah melalui:

  1. perluasan kesempatan memperoleh pendidikan dan keterampilan;
  2. peningkatan peran serta pemuda dalam peinbangunan sosial, politik, ekonomi, budaya dan agama;
  3. peningkatan potensi pemuda dalam peningkatan potensi pemuda Kewirausahaan, Kepeloporan Kepemimpinan; dan
  4. perlindungan generasi muda terhadap bahaya penyalahgunaan NAPZA, minuman keras, penyebaran penyakit HIV/AIDS dan penyakit menular seksual lainnya.

 

Dr. H. M. Asrorun Ni’am Sholeh, MA
Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI

 

Drs. Imam Gunawan, MAP Plh
Asisen Deputi Standarisasi dan Infrastruktur Pemuda