Melalui KLP Bangun Generasi Muda

Melalui KLP Bangun Generasi Muda

Layakpemuda.id – Dalam upaya melibatkan para generasi muda di seluruh daerah di tanah air, Kementerian Pemuda dan Olahraga mendorong pemerintah daerah untuk membangun generasi muda. Salah satu upaya Kemenpora untuk mendorong pemerintah daerah untuk membangun generasi mudanya yaitu dengan menggelar kegiatan kompetensi Kabupaten Layak Pemuda (KLP). “Kegiatan Kabupaten Layak Pemuda ini merupakan salah satu upaya dari Kemenpora untuk mendorong pemerintah kabupaten membangun generasi mudanya,” sampai tim penilai dari Kemenpora , Rahmat HS saat melakukan penilaian di Kabupaten Rejang Lebong, Kamis (4/10/2018) kemarin. Pembangunan generasi muda, menurut Rahmat sangat penting, karena dengan dibangunnya generasi muda, maka para pemuda akan memiliki kegiatan positif sehingga mereka bisa menghindari berbagai macam kegiatan atau perbuatan yang bertentangan dengan hukum seperti penyalahgunaan dan peredaran Narkoba, penyebaran faham radikal hingga penyebaran berita bohong atau hoax yang menurutnya saat ini sudah menjadi ancaman.

“Bangun generasi muda kita, sehingga mereka memiliki kesibukan dan bisa menjauhi kegiatan yang melanggar hukum,” tambah Rahmat.

Sementara itu, terkait dengan penilaian Kota Layak Pemuda sendiri, menurut Rahmat ada beberapa kriteria penilaian yang akan dinilai oleh tim penilai dari Kemenpora, salah satu penilaian yang memiliki poin tertinggi adalah regulasi atau peraturan daerah yang mengetur mengenai kepemudaan. Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rejang Lebong, Drs Noprianto MM melalui Kepala Bidang Kepemudaan Yusup Wahyudi BE SE MSi menjelaskan kedatangan tim penilai dari Kemenpora sendiri setelah Kabupaten Rejang Lebong dinyatakan lulus administrasi atau verifikasi berkas terkait dengan penilaian Kabupaten Layak Pemuda. “Kedatangan tim hari ini untuk melakukan verifikasi faktual untuk melihat langsung peran pemerintah daerah terhadap kepemudaan,” sampai Yusup. Dengan ikut sertanya Kabupaten Rejang Lebong dalam program kabupaten layak pemuda oleh Kemenpora tersebut, ia berharap Rejang Lebong akan masuk dalam beberapa kategori kabupaten layak pemuda. Beberapa kategori kabupaten layak pemuda tersebut yaitu kategori utama, madya dan pratama. “Harapan kita bisa masuk minimal dalam kategori paling rendah yaitu pratama,” harap Yusup. Menurut Yusup dengan masuknya Rejang Lebong dalam salah satu kategori kabupaten layak anak, maka tidak menutup kemungkinan kedepannya akan banyak anggaran kepemudaan yang mengalir ke Kabupaten Rejang Lebong.

Sumber: bengkuluekspress

Post Comment